Sepeda, motor atau mobil

Ketika kamu baru sampai di Jepang, kamu perlu alat transportasi yang mendukung mobilitas kamu selama disini.

Ada banyak sekali fasilitas umum disini seperti bus dan kereta, taksi ga usah dihitung ya.. Terlalu mahal untuk mahasiswa apalagi pengangguran seperti saya :p

Namun fasilitas tersebut terbatas waktu, apalagi bus, pada hari libur jam operasionalnya berkurang dari pada hari kerja biasa.

Maka dari itu kita perlu pertimbangkan beberapa moda transportasi lainnya seperti sepeda, motor, atau mobil.

Berikut saya review beberapa hal yang bisa membantu teman2 menentukan pilihan.

1. Sepeda
Kalau kamu sendiri saja ke Jepang, maka sepeda cukup memadai.. Sepeda pun ada banyak pilihan (manual/electric) dan brand..
Nah jika sendiri, maka brand merk China cukup lah, harganya pun cukup murah untuk kantong mahasiswa, sekitar 10.000 ¥ untuk yang manual, 40-50rb yen untuk yang elektrik. Sedangkan merk ternama seperti Yamaha, Panasonic, dan Bridgestone mulai 85rb yen untuk yang elektrik.
Tapi kalau kamu berencana membawa keluarga terutama anak-anak, maka pilihannya menurut saya adalah sepeda elektrik dan hanya sepeda bermerk lokal yang memadai. Karena tidak semua sepeda diperbolehkan memasang boncengan.
Ada banyak sekali aturan disini. Salah satunya keamaan dalam membonceng anak. TIDAK diperbolehkan membawa anak di sepeda tanpa menggunakan kursi khusus boncengan. Akan saya bahas lebih lanjut tentang sepeda ini dibahasan berikutnya.

2. Motor
Motor di Jepang ini hanya bisa digunakan untuk satu orang, tidak bisa bawa penumpang kecuali motor gede dan itupun jarang banget dijumpai. Untuk menggunakan kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, kita perlu lisensi (SIM), dan ini syarat yang agak sulit diperoleh di Jepang. Jika ketahuan tidak punya SIM maka dendanya sangat besar😦

image

Jadi kalau kamu berencana membawa keluarga ke Jepang, pikir dulu untuk membeli motor karena tidak bisa digunakan untuk bawa penumpang, jangan dibayangkan seperti pengendara motor di Indonesia yang bawa satu keluarga kalau pulang kampung ya…

3. Mobil
Sarana ini cukup nyaman, melindungi dari panas matahari dan dinginnya salju. Harganya juga sebenarnya tidak terlalu mahal, sepeda justru yang lebih mahal. Yang membuat mobil menjadi mahal adalah SIM nya. Sulit sekali untuk mendapatkan SIM di Jepang. Ada yang tes hingga berkali-kali bahkan puluhan kali baru bisa lulus. Akan lebih mudah ikut tes jika kamu kursus mengemudi dulu dan ini perlu biaya yang tidak sedikit.

image

Jika kamu membawa balita di dalam mobil, maka diperlukan carseat khusus jika kamu tidak mau ditilang. Jumlah penumpang pun dibatasi sesuai dengan kapasitas mobil.

Mobil merupakan sarana yang cocok jika kamu membawa keluarga (ini menurut saya). Kenapa?
– Bisa kemana-mana bawa keluarga, kalau perjalanan jauh, hitungan tiket per orang jadinya mahal.
– Ga terbatas waktu, misalnya jalan-jalan pulang malam ga masalah, kl naik bus atau kereta ada batas waktu operasionalnya, apalagi bus cuma sampai sore aja.
-Bisa jalan-jalan keluar kota dan penginapan gratis(tidur di mobil)

Semoga dapat membantu menentukan pilihan ya. Dan pastikan apakah Anda berencana membawa keluarga atau tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: