Visa ke Jepang

Untuk memasuki negara Jepang, kita memerlukan visa, kecuali anda menggunakan e-paspor. Visa ini pun ada beberapa jenis, saya termasuk visa khusus (menetap dalam jangka waktu tertentu).

Dokumen yg diperlukan:
1.form permohonan, di tanda tangani pemohon
2.foto latar belakang putih, ukuran 4,5×4,5 cm
3.paspor yg msh berlaku
4.kartu keluarga
5.KTP
6.(booking) Tiket
7.COE

Saya berdomisili di Pekanbaru, maka dari itu utk mengurus visa dilakukan di Medan, atau sesuai wilayah yuridiksi yg telah ditetapkan konjen Jepang.

Waktu pengurusan visa ini sekitar 3 hari. Pengalaman saya, dokumen masuk hari senin, lalu bisa di ambil pada hari rabu, dengan biaya per orang sebesar Rp.330 ribu.

Sebelum berangkat ke Medan, seorang teman bertanya, ngapain saya repot2 ke Medan ut ngurus visa, minta tolong aja sama orang travel, kita cm duduk manis di rumah, mereka semua yg urus. Mengingat beliau akan berlibur ke Jepang sedangkan semua urusan dokumen dll di urus ma travel nya.
Saat itu saya katakan karena saya mengurus visa utk ijin tinggal sementara beliau dg tujuan liburan. Dan yg terbayang d kepala saya saat itu, segala bentuk pertanyaan seperti pengalaman teman mengurus visa ke USA, dmn saya perlu menjawab hal yg berhubungan dg hijab saya.

Dan ternyata, semua khayalan saya itu tdk nyata. Semua proses berjalan lancar. Tidak ada wawancara,hanya pemeriksaan berkas2. Bahkan anak saya yg saya bawa ke Medan ut membuat visa pun tdk ditanya. Tau gitu sy berangkat sendiri aja ke Medan, anak tdk perlu d bawa.

Tapiii.. Ini hanya pengalaman saya. Untuk keterangn lebih lengkap, apakah pengurusan visa ini bisa dititip/diwakilkan atau tidak, ada baiknya anda menelpon terlebih dahulu pihak konjen Jepang ybs. Semua pertanyaan yg ada di benak anda, sampaikan saja lewat telepon, mereka dg ramah menjawab semua pertanyaan kita. Itu yg saya lakukan kemarin sebelum ke Medan, krn lumayan jg jika ada dokumen yg kurang,  antara Pekanbaru-Medan itu tidak dekat.
Untuk visa ini, pengeluaran jg lumayan, yg jelas tiket PP, akomodasi selama di Medan (hotel, transport, makan dan minum).
Saya jg mengorbankan waktu (cuti), tenaga dan jg dana.

Kalo memang bisa dititip, ato minta tolong orang lain kan lumayan jg.. Trus yg jd pertimbangan sy saat itu adalah menitipkan dokumen penting (paspor) jika memang hrs dikirim lwt kurir, karena saya punya teman di Medan, mgkn mereka tdk keberatan membantu, cm ya itu, dokumen plg dikirim,, kecuali qt sediakan tiket PP bwt teman tu.

Ribet ya.. Hahhaha.. Maafkeun kl gaya menulis saya ribet.

Leave a Reply

