Coe

Disclaimer : tulisan ini sebagai referensi utk wilayah Hiroshima Jepang, utk wilayah lainnya dpt mengacu pada situs imigrasi wilayah setempat.

Sebelom mengurus visa dg tujuan kunjungn keluarga dan menetap sementara, maka salah satu dokumen yg diperlukan adalah CoE (certificate of eligibility)

Syarat2 bisa cek disini dan sedangkan formulir bisa di cek disini

Tp secara umum saya bisa tuliskan:
1.mengisi formulir dan ditanda tangani oleh pemohon
2.foto terbaru 3×4, saya latar belakang merah (jika anda ingin sekalian menggunakan foto untuk pembuatan visa, maka gunakan latar belakang putih)
3.residence card suami
4.surat keterangn dr university ato tempat kerja
5.surat nikah
6.akta lahir utk anak

Berkas di atas adalah syarat utk 1 org yang akan dibuatkan CoE nya, jika misalnya saya buat utk diri sendiri dan 1 org anak, maka berkas seperti diatas dibuat rangkap dua, yaitu satu atas nama saya dan satu lagi atas nama anak.

Semua berkas yg lengkap dan sudah ditanda tangani (utk anak saya jg yg tanda tangan), selanjutnya di bawah ke kantor imigrasi wilayah terdekat tempat anda berada, misalnya kami di Hiroshima, untuk didaftarkan. Kita menyerahkn seluruh berkas lalu membeli amplop yang sdh diberi perangko serta alamat di jepang utk pengiriman kembali CoE nya kalo sudah selesai.
Lamanya proses CoE hingga selesai berkisar 1-3bulan.
Pengalaman saya cm butuh 3 minggu dan CoE yg sdh selesai dikirim ke apato suami di Hiroshima.

Selanjutnya suami mengirimkan CoE tsb kpd saya di Indonesia melalui pos dg paket surat tercatat krn berisi dokumen penting. Waku pengiriman sampai ke tangan saya 1 minggu, Mungkin tergantung tempat tinggal jg :p

CoE ini berlaku 3 bulan utk digunakan dlm pengurusan visa ke Jepang.

Leave a Reply

