ke Kidzania Jakarta

Saya sudah mengenal tempat bermain ini beberapa waktu lalu. Penasaran juga dengan kidzania ini. Pernah beberapa kali ke Jakarta, tapi belum kesampaian mampir ke sini. Baru awal November tadi bisa mampir ke kidzania.

Kenapa saya penasaran? Karena katanya disini anak-anak dikenalkan berbagai macam profesi. Namun lebih dari itu anak belajar mandiri, mengasah sensor motorik dan jiwa social juga, ini pendapat saya. Seperti saya katakan diatas, anak-anak dikenalkan berbagai macam profesi/pekerjaan, bisa langsung mencoba menjadi profesi yang mereka inginkan. Misalnya dokter, pilot, polisi, pemadam kebakaran dan sebagainya.

Sedikit kecewa
Ini pengalaman pertama saya ke Kidzania. Ketika tiket sudah ditangan dan kita diperbolehkan masuk ke arena bermain, saya bengong. Dalam hati saya bertanya, kita mau ngapain kesini nak. Terus terang saya bingung. Jadi saya dan anak berumur 4 tahun berkeliling dulu saja, melihat-lihat tempat apa saja yang ada di situ, bagaimana caranya mau ikut bermain, mulainya dari mana, karena memang tidak ada petunjuk yang saya temukan. Setelah melakukan satu kali putaran, barulah saya menemukan peta/denah tempat bermain ini.

Menurut saya, setidaknya ada guide atau setidaknya selebaran/brosur yang menerangkan “what should we do for the first time”.

IMG_20151106_160025r

Lalu saya perhatikan beberapa orangtua dan anak-anak mereka. Bagaimana caranya ikut bermain, bagaimana memulainya, dan apa yang harus dilakukan. Saya pun bertanya dengan sang anak, mo main apa nak? Kebetulan yang ada di depan mata adalah profesi pemadam kebakaran. Namun sayangnya, ketika kami daftar, kelas sudah dimulai, jadi harus menunggu sekitar 20menit untuk ikut kelas berikutnya. Kami berjalan lagi mencari tempat lain, di tempat ini  orang sedang bersiap-siap parade. Ketika kami tiba, anak saya langsung disambut kakak-kakak yang sudah berkostum parade, dan mereka langsung menawarkan anak saya untuk ikutan. Saya bingung mo diapakan anak saya sedangkan sang anak terlihat ketakutan karena mau dipakaikan kostum warna-warni. Cabutla dari tempat itu, balik lagi ke kelas pemadam kebakaran. Biarla kami menunggu kelas berikutnya.

fireman :)

fireman🙂

Ah kelas pertama berhasil dilewati dan anak saya senang, saya juga ikut senang. Dari awal anak saya memang mo ikut kelas polisi, tapi apa daya umur nya ga cukup untuk ikut kelas tersebut😦 (minimal 6 tahun). Dan dia kecewa. Lalu kami ikuti saja segerombolan anak-anak. Mereka menuju lantai atas. Saya baru tahu bahwa ada tempat bermain juga di lantai atas. Lagi-lagi saya kecolongan, apakah mahal sekali harga sebuah informasi, atau mungkin saya yang ndeso.

Ternyata, tidak banyak permainan yang bisa diikuti anak umur 4 tahun, apalagi dibawah itu ya. Rata-rata kelas profesi/permainan bisa diikuti oleh anak umur 6 tahun ke atas. Dan lagi, kelas profesi itu tidak ditempatkan berdasarkan kelompok umur. Waktu habis saja untuk mempelajari tempat permainan ini. Belakangan saya baru tahu, bahwa permainan untuk anak 4 tahun kebawah berada di lantai atas. Hadeeehhh…

Kami datang pada hari jumat, dimana hari itu ada 2 sesi. Kami ikut sesi ke 2 yang dimulai jam3 dan berakhir jam 8. Tapi, ini kesalahan saya, anak saya cuma bertahan 1 jam di tempat itu. Sepertinya dia kecapekan. Kami sampai di Pacific Place jam 1 siang dan Kidzania belum dibuka. Menunggu sampai jam 3, kami muter-muter aja dulu.

IMG_20151106_162045r

Balik lagi ke cerita anak yang kecapekan, setelah satu jam di Kidzania, anak saya minta pulang, sedih rasanya, sudah bayar mahal-mahal eh anaknya Cuma main sebentar. Padahal kesempatan kayak gini yang datang setiap saat. Dah sampai Jakarta aja dah syukur.

Itu cerita saya, tapi saya nggak kapok kok. Suatu saat saya akan ajak anak lagi kemari, di saat umurnya dah cukup untuk bisa ikut berbagai permainan.

untuk cek harga tiket dan waktu operasi, bisa cek disini

pelajari dulu peta/denah tempat permainan kidzania, jika kamu baru pertama kali

Image

Leave a Reply

