Here we go, Banda Aceh..

Setelah tiba di Banda Aceh, kami menuju penginapan yaitu Wisma TNI AU yang berada tidak jauh dari Mesjid Raya atau tepat berada disebelah Supermarket Pante Pirak dengan menggunakan becak motor. Ongkos sebesar 20-30rb tergantung nego. Tarif di wisma ini sebesar 150rb per malam dengan fasilitas twin bed, kamar mandi dalam, TV dan AC, lumayan banget kan.

Cukup melepaskan lelah dan membalas tidur yang tadi masih kurang karena mengejar kapal di pagi hari, kami leyeh-leyeh dikamar sambil nonton TV. Sambil bersantai dikamar, saya menelpon paman yang ada di Banda, kebetulan tempat kerja beliau berada tepat didepan penginapan kami. Tanpa basa-basi, saya langsung meminta bantuan untuk meminjam kendaraan berkeliling Banda. Tak lama kemudian, datangla sepeda motor yang akan menemani perjalanan kami hari ini.

Sekitar pukul 11.00 kami memulai touring Banda. Tujuan pertama adalah kapal yang nyangkut diatas rumah (bahasanya :p) atau kerennya boat on the roof. Berbekal peta yang bisa di dapat dari sini.  Kami langsung menuju tempat yang dimaksud. Setelah sempat muter-muter ga jelas, sepertinya kami tersesat, dan disinilah berlaku hukum malu bertanya sesat dijalan. Kami pun menanyakan tempat kapal terapung itu kepada penduduk yang kami jumpai, ternyata hanya berjarak satu gang dari tempat kami berdiri.. Haaddeehh..😦

aceh1Lanjut lagi, hasil bacaan saya tadi di hotel bahwa di jalan Panglima Polim ada tempat makan mie aceh yang wajib dikunjungi. Nah itulah tujuan kami berikutnya Mie Aceh Razali. Rasanya ya enak tp cukup menguras kantong😛 (itu kantong saya, ga tau kalo kantong yang tebelan).

aceh2Sebenarnya penginapan kami berada di tengah kota, dan tempat wisata di Banda itu terkumpul di pusat kota. Jadi antar tempat berdekat-dekatan jaraknya. Abis ini kami ke Museum Tsunami yang ternyata petugasnya masih istirahat sampai jam2 siang. Jadilah kami mampir dulu ke sebelahnya yaitu Kerkhof atau bahasa Indonesianya kuburan. Ditempat ini terdapat kuburan dari zaman Belanda. Tidak jauh dari tempat ini juga ada yang namanya Putroe Phang Park yang sepertinya tempat mandi putri ini mengingatkan saya akan taman sari yang ada di Yogyakarta dan, lalu ada juga Gunongan atau tempat bermain permaisuri zaman kerajaan dulu. O ya tenggat waktu peminjaman motor ini akan berakhir jam5 sore sesuai dengan jam kerja orang kantoran. Mengingat waktu yang terbatas, maka kami segera bergegas untuk mengunjungi pantai terdekat yaitu Lhok Ngah. Alhamdulillah sampai juga ke pantai, airnya jernih sekali. Ingin rasanya mandi dan berenang tapi kami tidak membawa pakaian ganti. Hari pun beranjak sore dan kami harus segera pulang ke penginapan karena yang punya motor sudah menunggu😛

aceh3Abis mandi dan sejenak beristirahat, perut pun meminta haknya karena kami kelaparan. Kami berjalan kaki menuju Masjid Raya Baiturrahman karena nampaknya tidak terlalu jauh sekalian mencari tempat makan yang sesuai. Kelihatannya dekat tapi kalo jalan kaki ya lumayan juga ternyata. Tempat makan yang ada pun cuma ada di depan Masjid hanya berupa gerobak nasi dengan meja-meja yang beratapkan langit dan bintang, romantis sekali atau miris😛 Kami menyempatkan untuk sholat di mesjid yang megah itu. Subhanallah.. Setelah puas berfoto-foto, kami istirahat untuk menyiapkan kepulangan esok hari.

aceh4Hari terakhir kami di Banda Aceh namun masih ada beberapa tempat yang belum dikunjungi termasuk pasar Atjeh yang letaknya tidak jauh dari Mesjid Raya.  Hari ini kami memanfaatkan waktu yang tersisa naik becak motor,, kami akan mengunjungi kompleks wisata yang terdiri dari rumah Aceh, museum dan warisan sejarah lainnya. Disamping kompleks itu juga ada makam Raja Iskandar Muda. Yang perlu diperhatikan disini adalah waktu berkunjung dimana hari libur berlaku juga pada tempat-tempat umum seperti rumah Aceh yang tutup juga, sehingga kami cuma numpang foto-foto aja. Sewa becak motor ini sekitar 15rb tapi ketika membayar kami lebihkan juga karena sopirnya udah tua. Becak mengantarkan kami ke pool bus Damri yang menuju Bandara dengan tarif 15rb per orang.