Ayo ke museum

Perjalanan mengunjungi museum sebenarnya sangat menyenangkan. Di tempat ini kita bisa mendapatkan informasi, ilmu pengetahuan termasuk juga hiburan. Sejarah suatu bangsa juga dapat dipelajari dari museum termasuk seni dan budayanya. Nah Belanda sangat menjaga kekayaan sejarah, seni dan budaya mereka lewat museumnya.

Menurut International Council of Museums (ICOM), museum adalah sebuah institusi nirlaba yang melayani  kebutuhan publik, mempunyai sifat terbuka, dengan cara melakukan pengkoleksian, mengkonservasi, meriset, mengkomunikasikan danmengadakan pameran benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan dan hiburan.

Di Belanda, pada hari sabtu dan minggu pertama di bulan April merupakan minggu kunjungan museum. Pada hari tersebut, pengunjung dapat mendatangi lebih dari 500 museum dan semuanya gratis biaya masuk. Kebanyakan dari museum ini juga menyelenggarakan workshop dan kegiatan lainnya pada hari yang spesial tersebut. Pada tahun lalu, hari kunjungan museum ini menarik lebih dari jutaan pengunjung.

Masing-masing kota di Belanda memiliki musuem sendiri dengan kekhasan tersendiri. Namun, museum-museum ini bisa dikelompokkan menjadi beberapa kategori antara lain museum sejarah, museum seni, museum anak, museum arsitektur, museum sains, museum nasional, dan museum hiburan.

Ada 10 museum yang paling populer di Belanda yaitu

1. Rijksmuseum

2. Anne Frank House

3. Van Gogh Museum

4. The Royal Palace

5. The Zaanse Schans

6. Hermitage Amsterdam

7. Kunsthal Amsterdam

8. Dick Bruna House

9. Royal Picture Gallery Mauritshuis

10. Museum Boijmans Van Beuninge

© Nachtwachtzaal, 2013 Photo: Iwan Baan

Lukisan Rembrandt’s Night Watch di Rijksmuseum

Museum nasional atau yang dikenal dengan rijkmuseum telah mengalami restorasi. Setelah 10 tahun direnovasi, akhirnya dibuka kembali pada pertengahan April lalu dengan total biaya renovasi sekitar 375 juta euro. Setelah mempercantik diri, kini  ruang-ruang pamer nan rapi dan presentasi koleksi yang dikemas sedemikian rupa akan menjadi model bagi museum lainnya di dunia . Di museum ini tersimpan lukisan yang sangat terkenal yaitu Rembrandt’s Night Watch, selain itu juga terdapat koleksi pelukis terbaik pada abad ke-17 seperti Frans Hals, Jan Steen dan juga Rembrandt van Rijn.

© AFS Amsterdam NL, photographer Cris Toala Olivares

Anne Frank House

Asyiknya nih di Belanda tersedia paket-paket hemat untuk menarik perhatian pengunjung mendatangi museum. Ada harga khusus bagi pemegang Holland Pass. Kartu ini menawarkan pilihan dimana ada 2,5 sampai 7 tiket masuk gratis atau kita bisa pilih untuk keliling kota gratis naik bus khusus. Enaknya lagi nih, kalau kita sudah pegang Holland Pass, kita bisa dapat buku panduan yang isinya berbagai informasi mengenai museum, restoran dan tempat belanja di beberapa kota besar di Belanda. Emang Belanda tuh menawarkan paket all in one. Dengan satu kartu Holland Pass kita sudah dapat beberapa keuntungan antara lain, tiket masuk gratis di beberapa museum, dan transportasi umum, serta discount 50% dan penawaran harga khusus pada museum, restoran dan tempat belanja tertentu. Kita juga bisa masuk melalui pintu jalur cepat pada museum-museum besar.

The main square of Amsterdam and the former city hall of Amsterdam now the royal palace

The Royal Palace

Yang perlu diperhatikan dalam mengunjungi museum adalah waktu kunjungan. Jangan sampai kita datang museumnya belum buka atau sudah berakhir waktu operasionalnya. Perlu dicatat ya bahwa waktu kunjungan museum adalah jam 10 pagi sampai dengan jam 5 sore. Khusus pada tanggal tertentu misalnya 1 Januari, 30 April (hari Ratu), dan 25 Desember merupakan hari libur nasional di Belanda. Sedangkan pada tanggal 5,24,31 Desember waktu kunjungan museum sampai jam 4 sore.

http://www.holland.com/global/tourism

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: