belajar dari bola

Negara Belanda banyak memenangkan piala di kejuaraan internasional dunia. Contohnya, pada olimpiade musim panas di Sydney (2000), Belanda berada di tempat ke delapan dalam memenangkan piala emas. Selain itu, Belanda merupakan pemenang Piala Eropa pada tahun 1988 dan sudah tiga kali menjadi Runner Up pada Piala Dunia 1974,1978 dan 2010. Memang sepak bola adalah cabang olahraga yang paling populer di Belanda selain renang, sepeda balap, tenis, dan bola voli yang juga digemari.

Perhimpunan Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB)

Menurut saya, kegagahan bangsa Belanda patut mendapat pujian. Dengan jumlah penduduk yang tidak banyak (sekitar 16 jutaan pada tahun 2010), namun kekompakan dan kegigihan mereka dibuktikan dengan menjadi juara pada ajang internasional sekelas piala dunia. Bayangkan penduduk Belanda yang hanya seper sekian dari penduduk Indonesia (235 jutaan pada tahun 2010), mereka sudah mampu menjadi tim unggulan. Malu rasanya, penduduk kita yang banyak namun tetap saja tim nasional untuk sepakbola kita diimpor dari Belanda meskipun dengan embel-embel naturalisasi.

Ngomong-ngomong soal sepakbola, siapa yang tidak kenal tim oranye sebutan untuk tim nasional Belanda dan pemain-pemain terbaik mereka seperti Robin van Persie, Arjen Robben dan Wesley Sneijder. Eits yang terakhir ini favorit saya lho. Sedangkan klub terbaik yang ada di Belanda antara lain Ajax Amstedam, PSV Eindhoven, dan Feyenoord Rotterdam.

Timnas Belanda (Getty Images/Jamie McDonald)

Timnas Belanda

Berbicara mengenai bintang lapangan hijau, saya punya cerita singkat tentang Sneijder. Sneijder lahir di Utrecht, 28 tahun yang lalu. Beliau memulai karirnya dengan bergabung pada Ajax Amsterdam setelah sebelumnya mengikuti Ajax Academy. Tim yang pernah didukung oleh Sneijder yaitu Ajax, Real Madrid, Internaziole dan saat ini bergabung dengan Galatasaray dengan nomor punggung 14 . Selama bermain bola,posisi Sneijder sendiri sebagai penyerang dan gelandang. Menurut saya, sneijder dapat dikatakan sebagai pioneer selain  memang orang Belanda merupakan pioneer sejati.  Diumur yang sangat belia, sneijder sudah masuk ke akademi yang khusus mencetak pemain bola handal yaitu Ajax Academy. Sepuluh tahun kemudian beliau dipercaya untuk memperkuat Ajax Amsterdam sebagai squad muda. Secara cepat dia bisa dipercaya memegang peranan sebagai gelandang dan pemain sayap kiri. Pada tahun 2007, Sneijder beralih ke Real Madrid yang membuatnya mendapat julukan sebagai pemain termahal kedua di Belanda. Sebuah prestasi dan tindakan yang sangat berani di usia yang masih tergolong muda. Dia dapat menginspirasi anak muda lainnya dengan karya yang sesuai bidang mereka masing-masing. Dari Real Madrid, Sneijder beralih ke Internazionale 3 tahun setelah akhirnya pada tahun 2013 memperkuat tim Galatasaray hingga saat ini. Beberapa penghargaan yang diperoleh Sneijder antara lain the best Dutch free kick taker pada Oktober 2008 versi majalah Belanda Voetbal International dan juga the best player tahun2009-2010 versi goal.com

sneijder

Kabar gembira bagi penggemar tim oranye ini, mereka akan hadir di Jakarta untuk pertandingan persahabatan dengan timnas Indonesia pada bulan Juni mendatang. Ada beberapa alasan mengapa timnas Belanda dipilih sebagai lawan ujicoba bagi timnas Indonesia, salah satunya adalah faktor keterikatan sejarah.

Mungkin kita bisa belajar banyak dari timnas Belanda, terutama dalam kepengurusan persepakbolaan di Indonesia. Namun bagaimanapun saya tetap mendukung tim Garuda apapun hasilnya nanti.

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
http://id.wikipedia.org/wiki/Tim_nasional_sepak_bola_Belanda
http://en.wikipedia.org/wiki/Wesley_Sneijder

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: