Trip to Medan and Toba

hari pertama. tiba di medan dah malam hari, mana hari gerimis dan bawa bayi pula. jadi kami memutuskan untuk menginap di medan untuk malam ini. hotel yang sudah dipelajari yaitu Hotel Residence. Lokasinya strategis deket dengan bandara dan mesjid raya. harga per kamar mulai 80rb-160rb, ada juga untuk kelas backpacker seharga 60rb.

hari kedua. hotel kami memang tidak menyediakan sarapan pagi, tapi di kantin hotel ada banyak makanan yang murah meriah. kami sudah dapat pinjaman mobil dari teman, tinggal cari sopir merangkap guide. Sopir dah ditelepon tinggal menunggu,sedangkan kami masih harus sarapan trus langsung cek out dari hotel. perjalanan hari ini dimulai dengan menuju Berastagi. Belum jauh perjalanan, sudah terasa hawa dingin dataran tingi yang sejuk. kurang lebih 3jam perjalanan kami sudah mencapai Berastagi, biasanya kalo bukan hari yang ramai dapat ditempuh dalam 2jam. Saya hanya mengunjungi pasar buah Berastagi dan keliling kota naik delman (anakku yg bayi blom pernah liat kuda, katrok). pasar buahnya supppeeeer sekali teman, buah dan sayurnya segar. hati-hati dengan harga disini, kalo mereka tau kita turis maka akan diberi harga yang tinggi. ada baiknya kita berkeliling dulu untuk survey harga. ada juga Bukit Gundaling tapi kami tidak mampir karena menurut pak sopir biasa aja. setelah makan siang, kami melanjutkan perjalanan ke Danau Toba/Parapat. selama perjalanan ada banyak objek wisata sebenernya, tapi kami hanya mengejar target sesuai planing kami. tujuan berikutnya adalah air terjun sipiso-piso. dari sini juga sudah terlihat danau toba yang fenomenal itu. kalo rekomendasi sang sopir, pemandangan yang bagus dapt dilihat dari taman simalem, tapi bos, mahal kalipun, kalo mo masuk harus bayar 200rb atau sekalian nginep disana dg tarif 2jt/malam. well, dari air terjun sipiso kita lanjut lagi menyusuri danau toba menuju parapat. Eits, mampir dulu foto2 di pinggir danau toba dan cobain durennya, kalo di kota durennya dah tangan ke tiga tuh. makan malam dulu sebelum menuju hotel ya. ada banyak hotel di pinggir danau toba, kami hanya mencari tempat berbaring untuk malam ini, jadi kelas melati udah cukup memadai dg tarif 180rb /malam.

Toba Lake from Sipiso

Toba Lake from Sipiso

Sipiso Waterfall

Sipiso Waterfall

north sumatera

north sumatera

hari ketiga. yes kita menyebrang ke Pulau Samosir menuju Tomok. Tomok adalah pusat wisata budaya yang terkenal dg makam raja Batak dan patung siGale-galenya. Adapun tempat tujuan lainnya di Samosir adalah Tuk-tuk yang terkenal dengan wisata alamnya. Naik kapal, ongkosnya 5rb/orang menuju Tomok dan 10rb/orang menuju Tuk-tuk. Kami menuju Tomok dulu, setelah puas dengan wisata budaya (ga banyak jg yang dilhat), kami menuju tuk-tuk dg ojek (15/orang msh ditawar kalo mau), padahal ada juga angkutan umumnya lho, tp karena buru2 yang dpt duluan la. Kalo ada kesempatan lain kali, saya ingin bermalam di Tuk-tuk, ada bbrp guesthouse yang msh terjangkau dan dimiliki bule (woW), tp harus booking dl ya, karena pada saat kami sekedar bertanya brp tarifnya, si Bule langsung bilang kamarnya sudah full. Di tuk-tuk ada yang menyewakan motor dan sepeda jadi bisa puas berkeliling pulau Samosir. Buat yang muslim, agak susah mencari tempat makan yang halal, mungkin didaerah Tuk-tuk lumayan beberapa tempat yang menyediakan. Dari tuk-tuk kami menunggu kapal yang akan menyebrang kembali ke Parapat. Jam 2, kami tiba kembali ke Parapat. Sopir sudah menunggu di pelabuhan. setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan ke Medan. Sebelum menuju hotel kami makan malam dulu, jadi kalo dah masuk kamar tinggal bersih2 dan istirahat. Malam ini kami ingin mencari suasana hotel yang lain, jadila kami menginap di Grand Sri Intan dg tarif 175rb/malam termasuk sarapan pagi utk berdua. Hotelnya masih disekitar mesjid raya. Hotel ini rekomendasi pak sopir, karena hotel yang ingin kami tuju tidak layak dg alasan terkenal dg esek2nya.

hari keempat. tour of medan. Setelah sarapan di hotel, kami ingin melihat pelabuhan Belawan lewat tol. Tidak sampai satu jam sudah sampai di Belawan. Pelabuhannya sepi karena jadwal kapal berlayar tidak setiap hari dan ramai hanya pada musim2 tertentu. orang kebanyakan menggunakan moda transportasi udara karena lebih hemat waktu dan terjangkau. Tujuan berikutnya adalah perumahan cemara asri, di tempat ini ada vihara yang gede dan masih baru diresmikan. Lalu kami menuju Tjong Afie Mansion, karena lewat pintu belakang jadilah nampaknya tutup. Baikla kita coba lain kali. Lalu kami menuju Kuil Maryaman yang ternyata juga tutup karena ada jadwalnya pagi s.d siang dan sore mulai jam5 sampai malam. Lanjut lagi ke Rahmat Gallery yang sebenernya museum binatang yang sudah diawetkan. Hewan-hewan di museum ini merupakan koleksi pribadi Pak Rahmat lho. Kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp.25.000 (Worthed). Bingung mau kemana lagi, kami memutuskan untuk ke Istana Maimun. Istana ini mirip dengan Istana yang ada di Siak, Riau karena mereka ini dahulunya masih satu kerajaan. Dihalaman istana ada beberapa lapak yang menjual souvenir, mending beli disini daripada beli di dalam istana. Tujuan berikutnya Museum Negeri kalo ga salah namanya, tapi karena dah kesorean jd museum dah tutup deh. Maka kami ulang lagi kunjungan ke Kuil Maryaman dan horeee sudah buka ternyata.. memang tidak ada tiket masuk disini tapi ada kotak amal dan pas mau keluar eh ditegur sama nenek2 yang katanya blom makan, hadeeeh.. Next, kita mampir sebentar ke mall di depan kuil itu, kayaknya mall udah lama tu, tapi niat kami bukan mo liat mall, jadi cukup satu putaran di lantai dasar trus keluar lagi. Sebelum pulang ke hotel kita mampir ke merdeka walk,, Ada banyak bangunan bersejarah yang mengelilingi lapangan merdeka, tapi berhubung hari sudah sore jadilah kami numpang makan saja di tempat yang di rekomendasikan oleh seorang teman. Kalo kata pak sopir siy, kami makan ditempat yang salah karena harga tinggi kali bo’. huh,cukup tau sajalah. makan yang hanya sekedar dim sum, pancake durian, nasi timbel dan 3 macam jus bisa mencapai 170rb, hadeeeh, masukin dompet lagi.. Badan dah gerah keringetan karena medan panas kali, mari kita mandi  dan istirahat di hotel. sebelom berpisah pak sopir bertanya msh mo keluar lagi ga? sebenernya aq mau banget karena ada wisata kuliner yang cuma ada di malam hari, tapi karena ingat anak bayi, ya sudahla ga usah dilanjut lagi. kalo pun ada tenaga lebih paling mampir ke pujasera dan mall yang ada di depan hotel :-p

hari kelima. beres-beres barang karena langsung cek out dari hotel. tujuan kami yang pertama adalah museum negeri, yes, kami pengunjung pertama. Tiket masuknya Rp.750/orang. Lumayan rapi untuk ukuran museum pemerintah, koleksinya pun lengkap, cuma memang kurang perawatan karena di beberapa tempat ada banyak coretan tangan-tangan jahil. Sebelum terlewatkan, kami mampir ke Masjid Raya, eh padahal deket banget dengan hotel. Sekedar mengingatkan untuk tempat2 ibadah seperti mesjid, kuil dan vihara, kita harus mengenakan baju yang sopan bahkan untuk mesjid harus pakai penutup kepala minimal kerudung. Lanjut Tjong A Fie Mansion, tiket masuknya Rp.35.000. Rumah ini mengingatkan saya dengan Rumah cina peranakan yang berada di Pulau Penang, ternyata yang di Penang tsb merupakan rumah pamannya Tjong Afie, pantesan mirip banget. Udah deket dengan Lapangan Merdeka, mampir lagi untuk sekedar foto-foto. Bangunan bersejarah disini ada kantor pos, gedung London Sumatera, Gedung BI, Stasiun Kereta Api, daerah Kesawan. Tinggal cari oleh2 sekarang. Yang terkenal dari medan adalah Bika Ambon, tapi saya kurang suka, saya malah beli brownis Amanda :p yang notabene oleh2 khas dari Bandung. Terakhir kita makan siang sebelom diantar ke Bandara. Bayar Sopir untuk dalam kota tarifnya Rp.100rb/hari dan tarif luar kota Rp.150rb/hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: