tour Bangka Island

tgl 2.hari pertama kami berangkat dari Palembang menuju Pelabuhan Tangga Buntung karena kami menggunakan mobil pribadi sehingga harus naik feri agar mobilnya bisa ikut nyebrang. Perjalanan akan kami tempuh selama 8-10 jam perjalanan di sungai dan laut, tiket mobil sebesar 850.000 ribu utk maksimal 4 penumpang, dan tambahan 50.000 ribu per penumpang. Ada alternatif lain untuk kapal penumpang yaitu naik Jet Foil dengan durasi 2,5jam dan harga tiket 250.000 per orang. Fyi, jadwal keberangkatan kapal feri ini tidak menentu, jika anda sudah memiliki tiket maka ada baiknya kita antri di pelabuhan dan segala persiapan akomodasi dan makanan. Celakanya, mobil kami minim dengan bahan bakar karena setelah beli tiket feri tidak disarankan untuk keluar pelabuhan lagi. Persediaan sekitar 10 liter solar. Setelah sampai di Pulau Bangka,kami pun melanjutkan perjalanan menuju Sungai Liat sambil mencari pom bahan bakar terdekat. Ternyata, tidak seperti yang dibayangkan bahwa pom bahan bakar akan selalu buka 24 jam, di tempat ini semua pom sudah tutup ketika jam menunjukkan jam 9.30 malam. Alternatif berikutnya yaitu beli eceran di warung pinggir jalan. Dan ternyata, solar sangat sulit didapatkan, kalaupun ada harganya 10rb/liter. Setelah bertanya dengan penduduk setempat, sampaila kami di pom bahan bakar yang ditunjukkan. Pom bensin masih tutup dan jam sudah menunjukkan 12.00, kami memutuskan untuk menginap di mobil dan parkir di pom bensin.

Fathin San

tgl 3.hari masih gelap.. namun di pom bensin ini sudah ramai orang datang membawa kendaraannya. ternyata mobil-mobil itu antri untuk membeli bahan bakar yang akan dijual kembali. jam menunjukkan 3.30 pagi, aq dah kegerahan karena seharian berkeringat dan blom mandi :p jadilah pagi-pagi mandi, wuihh segarnya.. sampailah kami menunggu pom bensin buka jam 7 pagi. pom bensin telah dibuka, kami antri yang pertama. ternyata pengisian hanya dibatasi sekitar 40 liter,lumayanlah. perut lapar, saatnya cari sarapan. lalu baru cari hotel. ada banyak hotel di Sungai Liat. Kami memilih yang deket pantai dong. Dengan view pantai sebagai halaman kamar, kami menemukan hotel di teluk uber. Ini kelas melati lah. Kalo kamu punya uang lebih bisa ke hotel bintang di pantai sebelah. Namanya hotel Tanjung pesona. http://www.bangka.go.id/content.php?id_content=nama_hotel
Sampai hotel langsung lengket ma kasur,ngantuk beuudh, secara tidur di mobil ga da nyaman2 nya. hari siang,perut pun lapar, cari makan dulu.. nah perjalanan wisata kami dimulai. kami menuju dataran tinggi Fat Hin, dsini ada vihara besar yang katanya baru ditemukan bbrp tahun belakangan. dari vihara kami menuju pantai tanjung pesona, masuk hotel pura2 mo cek in, kalo ga bakal diminta uang masuk.hehheehe

Parai View

Parai View

tgl 4.hari berikutnya, perjalanan kami menuju pantai parai yang tersohor itu.. sama kasusnya seperti pantai tanjung pesona, pura-pura mo cek in. kalo ga bakal kena charge karena pantainya sudah termasuk dalam kawasan hotel dan terjaga sekali kebersihannya.
lanjut lagi ke pantai matras yang dikelola oleh pemerintah alias gratisan. wow, sampah bertebaran dimana-mana, kotor sangat.

Pantai Matrass

Pantai Matrass

tgl 5. setelah beres2 barang. kami melanjutkan perjalanan menuju pangkal pinang. ada pemandian air panas yang belum dilihat. setelah lama berkeliling mencari tempat yang dituju, ternyata tempat ini sudah sangat komersil, sudah dibuat seperti waterboom gitu dg tiket ya lumayanla. ga jadi deh, di tempat lain juga banyak yg kayak gitu. lanjut lg menuju pangkal pinang, kami ke museum timah. lalu ke pantai pasir padi.terakhir kami cari oleh-oleh khas Bangka, Getas. malam ini kami menginap di tempat keluarga, jadi gratis, hehhehhe.

tgl6. hari terakhir di Bangka. kami terpisah menjadi 2 kelompok. orangtua dan adik2 menuju pelabuhan untuk menyebrang kembali ke palembang.  sedang saya,suami dan anak menuju ke bandara untuk transit ke Jakarta dan selanjutnya terbang ke Pekanbaru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: